Pentas Seni Budaya Nasional Meriahkan Perkemahan Wirakarya PTK

By Admin

nusakini.com--Pentas Seni Budaya Nasional ikut memeriahkan ajang Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK). 

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Arskal Salim GP mengatakan Pentas Seni Budaya Nusantara dimaksudkan sebagai ajang kreativitas dan unjuk kebolehan seni budaya pramuka PTK. “Di samping kegiatan bhakti karya, para peserta didorong menampilkan olah seni yang bisa dinikmati oleh pramuka sendiri dan masyarakat sekitar,” kata Arskal di Pekanbaru, kemarin.

Arskal Salim memberikan apresiasi yang positif atas kemampuan dan kreativias seni yang ditampilkan oleh para kontingen. “Mahasiswa PTK tidak diragukan lagi kebolehannya dalam olah seni baik olah suara, tari, koreografi dan seni peran,” kata Arskal. 

Kontingen Pramuka IAIN Palangkaraya misalnya, tampil membawakan Tari Mandau Bawi. Pentas mereka diapresiasi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Palangka Raya Harles Anwar. Menurutnya, tarian yang dibawakan 15 mahasiswa IAIN Palangkaraya dari Racana Gudep Imam Bonjol 193-194 IAIN Palangkaraya tampil memukau. 

“Tarian Mandau Bawi syarat akan nilai-nilai filosofis dan kearifan lokal suku Dayak Kalimantan Tengah yang dibalut musik etnik khas Dayak,” ujar Harles. 

Pada umumnya kontingen dari berbagai PTK tampil menarik dan khas sesuai dengan daerahnya masing-masing. Pantauan di lapangan, penonton tampak tetap di tempat hingga alunan tari, vokal, dan seni peran yang dibawakan selesai.  

Perhelatan Perkemahan Wirakarya PTK ke XIV diikuti oleh 1.500 peserta berlangsung dari tanggal 3-10 Mei 2018 dan diikuti oleh 66 kontingen. Kegiatan PW PTK telah dibuka oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dan akan di tutup pada tanggal 10 Mei 2018 oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam.(p/ab)